1. JENIS-JENIS ALAT KOMUNIKASI
1) Koran
Koran
merupakan alat komunikasi yang dapat digunakan sebagai alat komunikasi,
penyampaian pesan atau iklan sebuah usaha atau perusahaan. Koran juga berisi
informasi atau kejadian yang berhubungan dengan sosial, budaya, hukum, politik,
teknologi dan lain-lain. Seiring
perkembangan teknologi yang semakin canggih, koran dapat berbentuk digital dan
dapat ditemukan di internet.
Kelebihan dari koran :
a) Dapat disimpan lebih lama dan dibaca
berulang-ulang.
b) Mudah dicari dan harganya mudah
dijangkau.
c) Berisi bermacam-macam informasi.
Kekurangan dari koran :
a) Informasi yang disediakan
cepat kadaluwarsa.
b) Mudah diabaikan, karena
hurufnya kecil-kecil serta harus membaca keseluruhan.
c) Tidak semua iklan dapat
dimasukkan didalamnya.
2) Telegraph
Telegraph merupakan suatu alat komunikasi yang
dapat digunakan untuk mengirim sandi melalui jaringan telephone. Sandi yang
digunalan dalam telegraph adalah sandi morse. Telegraph merupakan alat
komunikasi yang mendorong lahirnya teknologi modern.
Kelebihan dari
telegraph :
a)
Informasi yang disampaikan menggunakan sandi,
sehingga bersifat rahasia.
b)
Pesan dapat terkirim dalam waktu yang singkat
karena menggunakan kawat.
Kekurangan dari
telegraph :
a) Biayanya mahal.
b) Pesan hanya dapat diserahkan ke alamat penerima
melalui pos surat biasa.
c) Pesan yang terkirim hanya
yang bersifat penting.
3) Radio
Radio
merupakan alat komunikasi yang berfungsi sebagai penyampaian informasi yang
berupa suara saja tanpa adanya gambar. Siaran radio biasanya informasi berita,
musik, diskusi sehingga mudah dinimati ketika bersantai dan menjelang tidur.
Kelebihan dari radio :
a) Dapat digunakan tanpa adanya arus
listrik.
b) Biayanya relatif murah.
c) Mudah dijangkau dan dapat dibaw
kemana-mana.
Kekurangan dari radio :
a) Tidak menyediakan gambar.
b) Waktunya sangat terbatas dan
tidak dapat diulang lagi.
c) Pesan yang disampikan
singkat dan padat.
d) Gelombang suara yang
didengar bergantung sinyal.
4) Televisi
Televisi
merupakan alat komunikasi yang berfungsi sebagai penyampaian informasi yang
berupa suara dan disertai dengan gambar. Hampir di setiap rumah mempunyai
televisi, bahkan lebih dari satu. Dengan adanya televisi, banyak orang bisa
mengetahui informasi berita dan bisa menonoton tayangan lain yang memberikan informasi
berupa edukasi atau hiburan.
Kelebihan dari televisi :
a) Jangkauannya sangat luas.
b) Harganya mampu dijangkau
oleh berbagai kalangan.
c) Informasi yang disajikan
mudah dipahami karena adanya kombinasi antara suara, gambar, dan warna
d) Waktu penayangganya sudah
terstruktur dan terjadwal.
Kekurangan dari televisi :
a) Informasi yang telah
disampaikan tidak dapat diputar atau diulang lagi.
b) Untuk daerah terpencil
sangat sulit untuk memperoleh sinyal.
c) Perlu adanya antena untuk
menunjang penggunaannya.
5) Intercom
Intercom merupakan suatu alat komunikasi yang digunakan
untuk menyampaikan informasi dalam ruang lingkup organisasi itu sendiri dari satu ruangan ke ruangan lain.
Kelebihan
dari intercom :
a)
Dapat menyampaikan informasi secara efektif
dari satu pihak ke pihak lainnya.
b)
Saluran komunikasi dalam suatu instansi
atau kantor semakin luas.
c)
Dapat meningkatkan produktivitas pegawai,
karena mampu menghemat waktu dan tenaga dalam pelaksanaan tata hubungan di
lingkungan kantor.
Kekurangan dari intercom :
a)
Hanya dapat digunakan sebagai komunikasi
di lingkungan kantor sendiri.
b)
Tidak bisa dibawa kemana-mana.
6) Telepon
Telepon merupakan suatu alat yang digunakan untuk
menyampaikan informasi dari satu pihak ke pihak lainnya dari jarak jauh, baik
dalam lingkungan sendiri maupun ke luar kantor. Telepon itu sendiri berasal
dari kata tele yang berarti jauh dan phone yang artinya
suara. Alat
yang digunakan untuk menyampaikan dan mendengarkan informasi
dinamakan pesawat telepon.
Kelebihan dari telepon :
a)
Sinyal
lebih baik karena menggunakan kabel.
b)
Dapat
membantu device atau PC untuk terkoneksi dengan internet melalui hotspot kabel.
c)
Jumlah
nomor telepon kurang dari 10 digit.
Kekurangan dari telepon :
a)
Biayanya
mahal.
b)
Tidak
bisa dibawa kemana-mana.
c)
Nomor
telepom tidak bisa disimpan.
7) Handphone
Handphone merupakan alat yang digunakan untuk menyampaikan informasi
informasi dari suatu pihak ke pihak lainnya dari jarak jauh, bahkan mencakup
berbagai negara. Fungsi handphone sama seperti telepon, hanya saja handphone
mudah dibawa kemana-mana dan sinyal bergantung tempatnya.
Kelebihan dari
handphone :
a)
Nomor
telepon dapat disimpan, sehingga mudak dikenali sewaktu-waktu ada panggilan.
b)
Nomor
telepon dapat dirahasiakan.
c)
Pesan
atau informasi cepat tersampaikan.
d)
Riwayat
panggilan dapat didengar kembali.
e)
Mudah
dibawah kemana-mana.
Kekurangan dari handphone :
a)
Jangkauan
sinyal bergantung tempat atau lokasi.
b)
Jumlah
nomor telepon lebih dari 10 digit, sehingga sulit untuk dihafalkan.
c)
Dapat
terkena pancaran radiasi dalam waktu jangka panjang karena penggunaan handphone
terlalu sering.
8) Fixphone dan Fixphone Selluler
Fixphone (deskphone) merupakan alat
komunikasi yang berbentuk pesawat sambungan dengan cara menekan nomor yang
menggunakan kabel yang sifatnya permanen dan tidak bisa dipindah ketempatyang
tidak ada kabel jaringannya.
Sedangkan fixphone celluler (wirless
deskphone) merupakan suatu alat komunikasi yang berbentuk telphone duduk tanpa
kabel yang dapat dipindah-pindah ke tempat lain. Telepon jenis ini harus
menggunakan kartu jaringan khusus CDMA seperti felxi, ceria, fren atau Esia.
9) Walky Talky
Walky talky merupakan suatu alat
komunikasi antara dua orang menggunakan pesawat khusus (HT) tanpa kabel serta
menggunakan gelombang 11 meter atau 2 meter. Walky talky tidak memerlukan biaya
atau tarif, akan tetapi komunikasinya dilakukan secara bergantian dan dapat
didengarkan oleh orang lain pada gelombang yang sama. Komunikasi semacam ini
sering dinamakan brik-brikan. Biasanya yang sering menggunakan alat komunikasi
ini adalah pihak kepolisian yang sedang berada di lapangan.
10) Pager
Pager merupakan suatu alat
komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi tanpa
menggunakan kabel. Pager sudah jarang ditemukan di peredaran dunia bisnis.
Persaingan alat komunikasi yang murah dengan layanan yang semakin
canggih, membuat alat ini semakin tidak dilirik semua masyarakat. Pager digunakan di bidang jasa
terutama di jasa informasi dan jasa kesehatan. Pager merupakan
barang yang harus dipatuhi, karena selalu menerima pesan apapun, alasan
apapun yang dibuat untuk menghindari pesan di pager, selalu
menjadi tidak beralasan.
Kelebihan dari pager :
a) Sistemnya yang satu arah sehingga lokasinya tidak dapat ditetapkan.
Kekurangan dari pager :
a) Pesan yang dikirim dengan pager dapat ditangkap oleh
jaringan pager lainnya jika menggunakan layanan nasional,
sehingga pesan yang terkirim dapat dideteksi oleh para agen kriminal
atau hukum yang tidak diinginkan.
11) PDA (Personal Digital Assistant)
PDA
merupakan sebuah alat yang bisa membantu pekerjaan manusia dalam menyelesaikan
tugasnya. PDA dapat digunakan untuk menyimpan banyak data. Fungsi dari PDA
sendiri hampir sama dengan komputer atau laptop, hanya saja PDA lebih kecil
ukurannya, sehingga mudah dibawa kemana-mana.
Kelebihan dari PDA :
a) Adanya software dan hardware untuk proses
sinkronisasi.
b) Dapat bertukar informasi dengan
komputer atau laptop.
c) Respon yang dihasilkan PDA terhadap respon
pengguna relatif cepat.
Kekurangan dari PDA :
a) Baterainya tidak dapat bertahan lama
sehingga tidak dapat digunakan dalam waktu yang lama.
b) Huruf-hurufnya kecil sehingga sulit
dibaca.
12) Faximile
Faximile merupakan alat untuk mengirim dan menerima data
atau dokumen yang hampir sesuai dengan aslinya, baik berupa tulisan maupun
gambar. Dengan adanya mesin faximile,
maka pesan dalam bentuk kertas akan bisa sampai kepada tujuan. Alat komunikasi
ini sebagai alat yang banyak di gunakan di perkantoran atau sekolah.
Kelebihan dari faximile :
a) Pengiriman dokumen lebih cepat meskipun
tempatnya jauh.
b) Dokumen yang dikirim sesuai aslinya,
tanpa adanya pengurangan resolusi gambar.
c) Mudah dijangkau dan digunakan oleh
semua orang.
Kekurangan dari faximile :
a) Penggunanya lebih sedikit daripada
e-mail.
13) E-Mail
E-mail
merupakan salah satu sarana komunikasi yang berbasis online yang memungkinkan
kita saling berkomunikasi, saling bertukar data, dan sebagainya.
Kelebihan dari
e-mail :
a)
Pengiriman e-mail dapat berlangsung dengan
cepat, asalkan saluran Internet yang digunakan tidak bermasalah.
b)
Biayanya lebih murah daripada menggunakan
perangko.
c)
Dapat menjangkau seluruh dunia sekalipun.
d)
Pesan yang dikirim atau diterima berupa teks,
gambar, video, program, suara, dan lain-lain.
e)
Tidak ada seorang pun yang dapat mengetahui,
karena bersifat pribadi dan menggunakan password.
Kekurangan dari
e-mail :
a) Adanya pemalsuan identitas.
b) Harus menggunakan koneksi internet
untuk menerima maupun mengirim pesan.
c) Responnya lambat.
14) Komputer
Komputer
merupakan suatu alat yang dapat digunakan untuk menulis, menggambar, membuat
video dan yang lain. Selaian itu, komputer juga dapat digunakan sebagai hiburan
atau game. Komputer merupakan salah satu alat komunikasi modern.
Kelebihan dari komputer :
a) Dapat digunakan untuk mengolah data
dengan kecepatan yang tinggi.
b) Dapat menghasilkan informasi.
c) Dapat melakukan pekerjaan sesuai yang
kita inginkan.
Kekurangan dari komputer :
a) Tidak dapat beroperasi tanpa adanya
pemakai atau user.
b) Tanpa adanya instruksi tidak akan
beroperasi.
15) Microfon
Microfon
merupakan suatu alat yang digunakan untuk menyampaikan informasi secara
langsung berupa suara. Apabila dalam suatu keramaian, dapat menggunakan
microfon agar semua orang bisa mendengar apa yang di ucapkan oleh pembicara. Biasanya
orang menyebutnya “mic”. Perkembangan mic pun sudah kian pesat, sekarang
sudah mic yang menggunakan nirkabel. Dengan jarak 10 atau 20 meter mic bisa
terhubung dengan sound atau pengeras suar.
16) TOA
TOA
merupakan suatu alat yang biasanya digunakan oleh para orang yang lagi orasi
dalam menyampaikan pendapat. Suara yang dihasilkan atau dikeluarkan oleh TOA
tidak terlalu besar, namun alat ini termasuk sebagai alat komunikasi modern
yang pernah ada dan sering digunakan oleh orang-orang.
Kelebihan dari TOA :
a) Tombol on off serta volume dapat dilakukan dengan mudah.
b) Lebih ringkas (speaker dan
power jadi satu).
c) Mudah dibawa kemana-mana
Kekurangan dari TOA :
a) Suara yang dihasilkan tidak terlalu
besar.
b) Kurang jelas untuk didengar.
17) Modem
Modem
merupakan suatu alat yang digunakan untuk menghubungkan komputer atau laptop ke
internet. Terdapat berbagai jenis modem. Modem dibagi menjadi dua macam, yakni modem internal dan modem eksternal. Biasnya yang paling sering digunakan adalah modem eksternal, karena mudah dibawa kemana-mana dan mudah dipindah dari satu komputer ke komputer lainnya.
2. PERKEMBANGAN ALAT KOMUNIKASI
Perkembangan alat komunikasi sudah
ada sejak jaman dahulu. Manusia telah menciptakan berbagai alat dalam melakukan
komunikasi khususnya media komunikasi jarak jauh untuk memperoleh informasi
atau tujuan lainnya tanpa perlu mendatangi langsung ke tempat tujuan. Pada dasarnya, manusia adalah mahluk sosial
yang memiliki kelebihan berupa akal dibandingkan dengan mahluk Tuhan lainnya.
Manusia memiliki kelebihan untuk saling memahami satu sama lain. Itulah yang
disebut sebagai komunikasi. Sejarah perkembangan komunikasi terus mengalami
perubahan dari masa ke mas. Mulai zaman prasejarah hingga era modern seperti
saat ini.
1) Merpati Pos
Merpati merupakan alat
komunikasi yang memanfaatkan atau menggunakan burung merpati sebagai mengantar surat
atau pesan. Merpati digunakan sebagai alat komunikasi karena burung ini dianggap
pintar adari burung-burung laiinya. Tidak hanya itu, merpati ju memiliki daya
ingat kuat dan kemampuan navigasi maupun naluri alamiah untuk kembali ke sarang.
Cara ini berasal dari orang-orang Persia yang melatih burung-burung merpati. Merpati
pos pertama kali digunakan oleh Sultan Bagdad Nuruddin pada tahun 1416, untuk
mengirimkan pesan sekitar kerajaannya. Selanjutnya, orang Romawi menggunakan
merpati pos untuk mengirim pesan kepada pasukan militernya. Dan orang Yunani mengunakannya
untukmemberitahukan pemenang olimpiade. Pada masa perang dunia pertama tahun
1914 sampai 1918, pasukan Amerika juga menggunakan permati pos untuk
komunikasi.
2) Telegraph
Telegraf
merupakan alat yang digunakanuntuk mengirim dan menerima pesan dari jarak jauh.
Alat ini ditemukan oleh seorang warga Amerika, Samuel F.B. Morse bersama
asistennya Alexander Bain pada tahun 1837. Pesan pertamanya dikirim pada 6
Januari 1838 dan dikirimkan oleh perator menggunakan kode morse. Pesan ini
sering dinamakan pesan kabel atau kawat. Media ini sangat efektif dan dulu
menjadi primadona meskipun yang bisa mengirim dam menerima hanyalah orang yang
paham kode Morse. Untuk keperluaan peperangan, media ini sangat diperlukan agar
pesan rahasia tetap terjaga. Perkembangan selanjutkan, media ini melahirkan
media baru seperti teleprinting dan faksimile. Di Indonesia pemanfaatan
telegraf dimulai sejak saluran telegraf pertama dibuka pada tanggal 23 Oktober
1855 oleh Pemerintah Hindia Belanda. Telegraf pun dapat dirasakan masyarakat di
28 kantor telegraf. Tidak hanya menghubungkan Batavia (Jakarta) dan Buitenzorg
(Bogor), telegraf pun bisa menghubungkan Jakarta dan Singapura, Jawa dan
Australia.
3) Telepon
Telepon
merupakan suatu alat yang digunakan untuk menyampaikan informasi dari satu
pihak ke pihak lainnya dari jarak jauh, baik dalam lingkungan sendiri maupun ke luar kantor.
Penemuan telepon dipicu oleh permintaan penggunaan telegraf yang semakin
berkembang dan meningkat. Telepon pun ditemukan pada sekitar tahun 1876 oleh
Alexander Graham Bell. Di Indonesia telepon lokal pertama digunakan sejak 16
Oktober 1882 yang diselenggarakan pihak swasta. Jaringan telepon pertama ini menghubungkan
Gambir dan Tanjung Priok (Batavia). Selanjutnya jaringan telepon dibuat di
kota-kota besar lainnya. Tahun 1906, perusahaan jaringan telepon diambil alih
dan dikelola Pemerintah Hindia Belanda melalui PTT (Post, Telegraf, Tetephon)
Dienst.
Seiring
perkembangan teknologi, kebutuhan telekomunikasi meningkat jaringan
telekomunikasi pun diperluas. Pada tahun 1967 PT Indosat (Indonesia Satelite
Corporation) mulai membangun jaringan telephon gelombang mikro. Dimulai dengan
jaringan Trans Sumatra dan Indonesia Timur. Selanjutnya, tahun 1976, satelit
Palapa A-1 diluncurkan sehingga memungkinkan jaringan telephon Indonesia meluas
hingga mencapai luar negara.
4) Telegram
Telegram
dipopulerkan pada tahun 1920-an. Telegram berisi kombinasi kode-kode yang
ditransmisikan oleh telegraf. Telegram ini tarif mengirimannya lebih murah dari
telephon, meskipun tarifnya dihitung berdasarkan jumlah karakter termasuk tanda
baca. Namun waktu yang dibutuhkan pun
sangat singkat, kurang dari satu hari, tidak seperti surat. Di Indonesia,
telegram dipopulerkan oleh perusahaan Telkom. Ada dua jenis telegram, telegram
biasa dan Indah. Tetegram biasa berwarna biru muda, sedangkan telegram indag
biasa dikirmkan pada hari-hari khusus seperti hari raya ratau tahun baru.
5) Pager
Pager
atau radio panggil merupakan suatu alat telekomunikasi untuk menyampaikan dan
menerima pesan pendek. Sekarang mungkin pager sudah jarang ditemukan, tetapi
alat ini masih sering dipakai untuk orang-orang yang bergerak dibidang jasa
seperti jasa informasi dari kesehatan. Pager ditemukan pada tahun 1956 oleh
Multitone Electronic di Rumah Sakit St. Thomas London oleh dokter-dokter yang
sedang bertugas dalam kondisi darurat. Sejak itu pager semakin berkembang. Sebelum
telepon seluler berkembang, pager digunakan sebagai pengganti untuk layanan telepon lokal dan internasional. Di
Indonesia pager muncul sebelum tahun 1997. Dan pelanggannya mencapai 800.000.
Namun karena harga perangkat yang terus menerus melambung pelangan pun perlahan
menurun. Apalagi telah munculnya teknologi telepon seluler atau sering disebut
handphone.
6) Surat Elektronik ( E-Mail )
Surat
elektronik merupakan sarana mengirim surat melalui jaringan komputer, misalnya
internet. Surat elektronik mulai dipakai pada tahun 1960-an. Saat itu internet belum
terbentuk, tetapi surat terkirim melalui jaringan yang berbentuk dari kumpulan
“mainframe”. Mulai tahun 1980-an mulai bisa dipakai oleh umum.
7) Internet
Rangkaian
yang membentuk internet (kependekan dari interconnected-networking) diawali
pada tahun 1969 sebagai ARPANET. Rangkaian ini dibangun oleh ARPA (United
States Department of Defense Advanced Research Projects Agency). Tahun 1983
ARPANET menukar protokol rangkaian pusatnya dari NCP ke TCP/IP, yang merupakan
awal dari internet yang kita kenal. Di Indonesia, sejarah internet dimulai pada
awal tahun 1990-an. Pada tahun 1992 hingga 1994, beberapa nama muncul diawal
pembangunan internet salah satu diantaranya Onno W. Purbo. Tahun 1994 IndoNet
menjadi ISP (Internet Serveci Provider) komersial pertama di Indonesia. Saat
ini pihak Pos dan Telekomunikasi belum melihat celah bisnis internet. Mulai
1995 mucul jasa akses Telnet ke luar negeri, sehingga pemakai internet di
Indonesia bisa mengakses internet (HTTP).
8) Telepon Genggam
Penemuan
telepon genggam tak terlepas dari perkembangan radio. Berawal pada tahun 1921,
Departemen Kepolisian Detroit Michigan mulai menggunakan telepon mobil satu
arah. Kemudian tahun 1940, Galvin Manucfatory Corporation (sekarang Motorola)
mengembangkan Handle-talllkle SCR536 untuk keperluan komunikasi di medan perang
saat perang Dunia II. Namun, penemuan telepon genggam yang sebenarnya terjadi
pada tahun 1973 oleh Martin Cooper dari Matorola Corp. Telepon ini kemudian
dikenal sebagai telepon genggam generasi pertama atau 1G. dari model inilah
kemudian muncul telephon genggam berikutnya.
Pada
tahun 1990-an generasi kedua atau 2G muncul dengan teknologi GSM dan CDMA.
Teknologi ini dilengkapi dengan pesan suara, panggilan tunggu dan sms (short
message service). Ukuran dan berat yang lebih kecil menjadi unggulan teknologi
ini. Kini, teknologi telepon genggam sudah mencapai generasi ketiga (3G) dan
keempat (4G). Teknologi ini memberikan jangkauan yang lebih luas lagi termasuk
internet. Fitur telepon seluler pun bahkan mendekati fungsi PC. Bahkan untuk
teknologi 4G memiliki heterogenitas jaringan hingga memungkinkan pengguna
menggunakan beragam system kapan saja dan dimana saja. di Indonesia, teknologi
telepon genggam pertama kali hadir pada tahun 1984 berbasis teknologi Nordic
Mobile Telephone (NMT).
Telepon
genggam pun mulai beredar tahun 1985-1992, tetapi dengan bentuk yang masih
besar dan berat. Tahun1993, PT Telkom memulai proyek percontohan seluler
digital GSM (Global System for Mobile) yang dimulai di dua pulau, Batam dan
Bintan. Setahun kemudian (1994) operator GSM pertama di Indonesia berorasi
melalui PT Satelindo. Selanjutnya mulai bermunculan operator GSM lainnya.
9) Pesan Instant ( Instant Messaging )
Pesan
instant merupakan sebuah teknologi internet di mana para pengguna jaringan
internet dapat mengirimkan pesan-pesan singkat pada saat yang bersamaan (real
time). Istilah pesan instan ini mengacu pada teknologi yang dipopulerkan oleh
America Online (AOL), kemudian diikuti Yahoo! (Yahoo Massenger), Google dan
Microsoft (Windows Live Messenger). Bermula ketika orang-orang marak
menggunakan teknologi secara online awal tahun 1990. Para pengembang peranti
lunak menciptakan software chat room, yakni suatu grup atau perseorangan bisa
mengirimkan pesan kepada setiap orang di 'room' tersebut. Tahun 1996, pesan
instan ini meledak saat diperkenalkan ICQ, sebuah pesan gratis. Namun AOL,
menjadi pionir dalam kemunitas online pada tahun 1997, karena AOL bisa
memberikan kemampuan pengguna berkomunikasi dalam waktu yang sama. Dari sinilah
semakin berkembang perusahaan-perusahaan lainnya yang menciptakan mesin pesan
instan.
10) Mobile Chat Messenger
Hampir
sama seperti pesan instan, namun diaplikasikan kedalam sebuah handphone atau
smartphone yang berteknologi tinggi. Ini bisa menggantikan penggunaan layanan
SMS yang lebih komplit disertai dengan fitur-fitur menarik dan notifikasi. Ada
banyak sekali aplikasi chat yang sangat terkenal, sebagai contoh Blackberry Messenger, Whatsapp, Ebuddy,
Mig33, Nimbuzz dan masih banyak sekali yang tidak bisa disebutkan satu per
satu.
3. KELEBIHAN DAN KEKURANGAN ALAT KOMUNIKASI
1)
Dalam Bidang Sosial
·
Kelebihan :
a)
Dapat mempermudah komunikasi antara suatu tempat
dan tempat yang lain.
b)
Dapat mempererat hubungan.
·
Kekurangan :
a)
Mengubah bentuk komunikasi mulanya berupa face to
face menjadi tidak. Hal ini yang menyebabkan komunikasi menjadi hampa.
b)
Cenderung menjadi seseorang yang individualis.
c)
Dapat membuat peluang masuknya hal-hal yang berbau
pornografi, pornoaksi, maupun kekerasan.
d)
Adanya kesenjangan sosial yang terjadi di
masyarakat antara orang kaya dan orang miskin.
e)
Maraknya manipulasi data dan berbagai cyber crime
yang lainnya
2)
Dalam Bidang Pendidikan
·
Kelebihan :
a)
Pembelajaran semakin berkembang dengan adanya
inovasi e-learning yang semakin memudahkan proses pendidikan.
b)
Informasi yang dibutuhkan akan semakin cepat dan
mudah di akses untuk kepentingan pendidikan.
c)
Sistem administrasi pada sebuah lembaga pendidikan
akan semakin mudah dan lancar karena penerapan sistem TIK.
·
Kekurangan :
a)
Melatih anak untuk berpikir pendek dan bertahan
berkonsentrasi dalam waktu yang singkat (short span of attention).
b)
Semakin mudahnya mengakses data menyebabkan orang
yang bersifat plagiatis akan melakukan kecurangan.
c)
Pengembangan infrastruktur pendidikan apabila
distribusi informasi yang tidak merata.
3)
Dalam Bidang Ekonomi
·
Kelebihan :
a)
Dapat mempermudah transaksi-traansaksi bisnis
suatu perusahaan atau perorangan.
b)
Semakin maraknya penggunaan TIK akan semakin
membuka lapangan pekerjaan.
c)
Dapat mempermudah kegiatan promosi dan pemasaran suatu
produk.
·
Kekurangan :
a)
Semakin memudahkan transaksi yang dilarang seperti
transaksi barang selundupan atau transaksi narkoba.
b)
Pembobolan rekening suatu lembaga atau perorangan
yang mengakibatkan kerugian financial yang besar.
4)
Dalam Bidang Pemerintahan
·
Kelebihan :
a)
Membuat masyarakat semakin mudah untuk mengakses
kebijakan pemerintah sehingga program yang dicanangkan pemerintah dapat
berjalan dengan lancar.
b)
Dapat memperbaiki kinerja pemerintah, karena
masyarakat dapat memberi masukan mengenai kebijakan-kebijakan yang telah dibuaat.
c)
Dapat mendukung pengelolaan pemerintahan yang
lebih efisien, dan bisa meningkatkan komunikasi antara pemerintah dengan sektor
usaha dan industri.
·
Kekurangan :
a)
Masyarakat semakin bebas untuk mengakses situs
pemerintah, sehingga dapat membuka peluang terjadinya cyber crime yang dapat
merusak sistem TIK pada e-government.
4. MASALAH-MASALAH YANG TERJADI PADA AKTIVITAS PERKANTORAN
1)
Penyimpanan data sangat terbatas karena database
yang ada pada komputer sudah penuh.
2)
Adanya hubungan atau komunikasi yang baik antara
satu pimpinan dengan karyawan ataupun karyawan yang satu dengan karyawan
lainnya.
3)
Keterbatasan mesin yang menunjang proses kegiatan kantor
sehingga dapat menghambat sistem kegiatan kantor.
4)
Kurangnya kecakapan atau keterampilan yang
dimiliki para karyawan dalam menggunakan alat-alat komunikasi yang ada di
lingkungan kantor.
Referensi :
- Fauziah, Syifa. 2014. Administrasi Perkantoran: Peralatan/mesin Komunikasi Kantor, [online], (http://ziahhh.blogspot.com/2014/01/peralatanmesin-komunikasi-kantor.html, diakses pada tanggal 17 Maret 2015)
- Murdiati, Netik. 2013. Macam-Macam Peralatan Telekomunikasi, [online], (http://netikkomunikasi.blogspot.com/, diakses pada tanggal 17 Maret 2015)
- Rujito. 2012. Manajemen Perkantoran, [makalah], (http://penerjemah-mr-rujito1.blogspot.com/2012/02/makalah-manajemen-perkantoran.html, diakses pada tanggal 17 Maret 2015)
- Waworuntu, Swars. 2013. 10 Kelebihan dan Kekurangan Teknologi Informasi, [online], (http://swarswaworuntu.blogspot.com/2013/03/10-kelebihan-dan-kekurangan-teknologi.html , diakses pada tanggal 17 Maret 2015)
- . 2012. Sejarah Perkembangan Alat Komunikasi Dari Masa ke Masa, [online], (http://chrezsoft.blogspot.com/2012/12/sejarah-perkembangan-alat-komunikasi.html, diakses pada tanggal 17 Maret 2015)
Kepada YTH
BalasHapusBag. Import Dept
Dengan Hormat,
Bersamaan dengan ini perkenalkanlah Kami dari PT.PRESSTI ASIA INDONESIA Yang begerak dibidang Jasa Export –Import Door To Door
Kami Adalah Spesialis Dalam Pengiriman Barang Ekspor Dan Impor Dengan Layanan ‘Door To Door Service’. Melalui Layanan Ini Kami Akan Mengangkut Barang Mulai Dari Pintu Sipengirim Sampai Ke Pintu Sipenerima Barang. Anda Dapat Memanfaatkan Layanan Kami Dengan Harga Terjangkau Karena Kami Menawarkan Harga Yang Kompetitif Serta Dikombinasikan Dengan Layanan Transportasi Cepat Ke Dan Dari Berbagai Negara Di Dunia Dan Barang Tersebut Akan Kami Antar Sampai Ke Door Tempat Bapak.
(Sudah termasuk Pajak Impor,Freight dan Biaya Lainnya)
Pelayanan Utama:
- Jasa Export Import Door To Door/
Borongan
- Door To Door Service
- Domestic Service
- Customs Brokerage–Custom Clearance
- Under Name
- Import Sea Freight Dan Air Freight Service
- Export Sea Freight Dan Air Freight Service
mengenai biaya pembayaran akan kami tagih setelah barang sudah sampai ketempat
Demikianlah penawaran jasa yang Kami ajukan semoga menjadi bahan pertimbangan bagi Bapak / Ibu untuk menjadi mitra Kami
Moto Kami : Kesuksesan Anda menjadi Kesuksesan Kami, Solusi Kami menjadi kepercayaan Anda.
Terimakasih
Hormat kami,
FADHIL PRATAMA
PT. PRESSTI ASIA INDONESIA
Jln.Raya Lenteng Agung Kav 22 No.20 Jakarta Selatan.
Hp : 0821-1020-3897
BBM : D266847A
Tlpn :021-7888 6569
Fax :021-7888 6594
Email: fadhil.pt.pressti@gmail.com
Super wpis. Pozdrawiam
BalasHapus