Rabu, 25 Maret 2015

MESIN-MESIN KANTOR SEBAGAI ALAT KOMUNIKASI


1. JENIS-JENIS ALAT KOMUNIKASI

1) Koran



            Koran merupakan alat komunikasi yang dapat digunakan sebagai alat komunikasi, penyampaian pesan atau iklan sebuah usaha atau perusahaan. Koran juga berisi informasi atau kejadian yang berhubungan dengan sosial, budaya, hukum, politik, teknologi dan lain-lain. Seiring perkembangan teknologi yang semakin canggih, koran dapat berbentuk digital dan dapat ditemukan di internet.
Kelebihan dari koran :
a)      Dapat disimpan lebih lama dan dibaca berulang-ulang.
b)      Mudah dicari dan harganya mudah dijangkau.
c)      Berisi bermacam-macam informasi.
Kekurangan dari koran :
a)      Informasi yang disediakan cepat kadaluwarsa.
b)      Mudah diabaikan, karena hurufnya kecil-kecil serta harus membaca keseluruhan.
c)      Tidak semua iklan dapat dimasukkan didalamnya.

2) Telegraph


            Telegraph merupakan suatu alat komunikasi yang dapat digunakan untuk mengirim sandi melalui jaringan telephone. Sandi yang digunalan dalam telegraph adalah sandi morse. Telegraph merupakan alat komunikasi yang mendorong lahirnya teknologi modern.
Kelebihan dari telegraph :
a)      Informasi yang disampaikan menggunakan sandi, sehingga bersifat rahasia.
b)      Pesan dapat terkirim dalam waktu yang singkat karena menggunakan kawat.
Kekurangan dari telegraph :
a)      Biayanya mahal.
b)      Pesan hanya dapat diserahkan ke alamat penerima melalui pos surat biasa.
c)      Pesan yang terkirim hanya yang bersifat penting.

3) Radio

            Radio merupakan alat komunikasi yang berfungsi sebagai penyampaian informasi yang berupa suara saja tanpa adanya gambar. Siaran radio biasanya informasi berita, musik, diskusi sehingga mudah dinimati ketika bersantai dan menjelang tidur.
Kelebihan dari radio :
a)      Dapat digunakan tanpa adanya arus listrik.
b)      Biayanya relatif murah.
c)      Mudah dijangkau dan dapat dibaw kemana-mana.
Kekurangan dari radio :
a)      Tidak menyediakan gambar.
b)      Waktunya sangat terbatas dan tidak dapat diulang lagi.
c)      Pesan yang disampikan singkat dan padat.
d)     Gelombang suara yang didengar bergantung sinyal.

4) Televisi



            Televisi merupakan alat komunikasi yang berfungsi sebagai penyampaian informasi yang berupa suara dan disertai dengan gambar. Hampir di setiap rumah mempunyai televisi, bahkan lebih dari satu. Dengan adanya televisi, banyak orang bisa mengetahui informasi berita dan bisa menonoton tayangan lain yang memberikan informasi berupa edukasi atau hiburan.
Kelebihan dari televisi :
a)      Jangkauannya sangat luas.
b)      Harganya mampu dijangkau oleh berbagai kalangan.
c)      Informasi yang disajikan mudah dipahami karena adanya kombinasi antara suara, gambar, dan warna
d)     Waktu penayangganya sudah terstruktur dan terjadwal.
Kekurangan dari televisi :
a)      Informasi yang telah disampaikan tidak dapat diputar atau diulang lagi.
b)      Untuk daerah terpencil sangat sulit untuk memperoleh sinyal.
c)      Perlu adanya antena untuk menunjang penggunaannya.

5) Intercom


            Intercom merupakan suatu alat komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan informasi dalam ruang lingkup organisasi itu sendiri dari satu ruangan ke ruangan lain.
Kelebihan dari intercom :
a)      Dapat menyampaikan informasi secara efektif dari satu pihak ke pihak lainnya.
b)      Saluran komunikasi dalam suatu instansi atau kantor semakin luas.
c)      Dapat meningkatkan produktivitas pegawai, karena mampu menghemat waktu dan tenaga dalam pelaksanaan tata hubungan di lingkungan kantor.
Kekurangan dari intercom :
a)      Hanya dapat digunakan sebagai komunikasi di lingkungan kantor sendiri.
b)      Tidak bisa dibawa kemana-mana.

6) Telepon


            Telepon merupakan suatu alat yang digunakan untuk menyampaikan informasi dari satu pihak ke pihak lainnya dari jarak jauh, baik dalam lingkungan sendiri maupun ke luar kantor. Telepon itu sendiri berasal dari kata tele yang berarti jauh dan phone yang artinya suara. Alat yang digunakan untuk menyampaikan dan mendengarkan informasi dinamakan pesawat telepon.
Kelebihan dari telepon :
a)      Sinyal lebih baik karena menggunakan kabel.
b)      Dapat membantu device atau PC untuk terkoneksi dengan internet melalui hotspot kabel.
c)      Jumlah nomor telepon kurang dari 10 digit.
Kekurangan dari telepon :
a)      Biayanya mahal.
b)      Tidak bisa dibawa kemana-mana.
c)      Nomor telepom tidak bisa disimpan.

7) Handphone


            Handphone merupakan alat yang digunakan untuk menyampaikan informasi informasi dari suatu pihak ke pihak lainnya dari jarak jauh, bahkan mencakup berbagai negara. Fungsi handphone sama seperti telepon, hanya saja handphone mudah dibawa kemana-mana dan sinyal bergantung tempatnya.
Kelebihan dari handphone :
a)      Nomor telepon dapat disimpan, sehingga mudak dikenali sewaktu-waktu ada panggilan.
b)      Nomor telepon dapat dirahasiakan.
c)      Pesan atau informasi cepat tersampaikan.
d)     Riwayat panggilan dapat didengar kembali.
e)      Mudah dibawah kemana-mana.
Kekurangan dari handphone :
a)      Jangkauan sinyal bergantung tempat atau lokasi.
b)      Jumlah nomor telepon lebih dari 10 digit, sehingga sulit untuk dihafalkan.
c)      Dapat terkena pancaran radiasi dalam waktu jangka panjang karena penggunaan handphone terlalu sering.

8) Fixphone dan Fixphone Selluler

     
            Fixphone (deskphone) merupakan alat komunikasi yang berbentuk pesawat sambungan dengan cara menekan nomor yang menggunakan kabel yang sifatnya permanen dan tidak bisa dipindah ketempatyang tidak ada kabel jaringannya.
            Sedangkan fixphone celluler (wirless deskphone) merupakan suatu alat komunikasi yang berbentuk telphone duduk tanpa kabel yang dapat dipindah-pindah ke tempat lain. Telepon jenis ini harus menggunakan kartu jaringan khusus CDMA seperti felxi, ceria, fren atau Esia.

9) Walky Talky


            Walky talky merupakan suatu alat komunikasi antara dua orang menggunakan pesawat khusus (HT) tanpa kabel serta menggunakan gelombang 11 meter atau 2 meter. Walky talky tidak memerlukan biaya atau tarif, akan tetapi komunikasinya dilakukan secara bergantian dan dapat didengarkan oleh orang lain pada gelombang yang sama. Komunikasi semacam ini sering dinamakan brik-brikan. Biasanya yang sering menggunakan alat komunikasi ini adalah pihak kepolisian yang sedang berada di lapangan.

10) Pager


            Pager merupakan suatu alat komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi tanpa menggunakan kabel. Pager sudah jarang ditemukan di peredaran dunia bisnis. Persaingan alat komunikasi yang murah dengan layanan yang semakin canggih, membuat alat ini semakin tidak dilirik semua masyarakat. Pager digunakan di bidang jasa terutama di jasa informasi dan jasa kesehatan. Pager merupakan barang yang harus dipatuhi, karena selalu menerima pesan apapun, alasan apapun yang dibuat untuk menghindari pesan di pager, selalu menjadi tidak beralasan.
Kelebihan dari pager :
a) Sistemnya yang satu arah sehingga lokasinya tidak dapat ditetapkan.

Kekurangan dari pager :
a) Pesan yang dikirim dengan pager dapat ditangkap oleh jaringan pager lainnya jika menggunakan layanan nasional, sehingga pesan yang terkirim dapat dideteksi oleh para agen kriminal atau hukum yang tidak diinginkan.

11) PDA (Personal Digital Assistant)


            PDA merupakan sebuah alat yang bisa membantu pekerjaan manusia dalam menyelesaikan tugasnya. PDA dapat digunakan untuk menyimpan banyak data. Fungsi dari PDA sendiri hampir sama dengan komputer atau laptop, hanya saja PDA lebih kecil ukurannya, sehingga mudah dibawa kemana-mana.
Kelebihan dari PDA :
a)      Adanya software dan hardware untuk proses sinkronisasi.
b)      Dapat bertukar informasi dengan komputer atau laptop.
c)      Respon yang dihasilkan PDA terhadap respon pengguna relatif cepat.
Kekurangan dari PDA :
a)      Baterainya tidak dapat bertahan lama sehingga tidak dapat digunakan dalam waktu yang lama.
b)      Huruf-hurufnya kecil sehingga sulit dibaca.

12) Faximile


            Faximile merupakan alat untuk mengirim dan menerima data atau dokumen yang hampir sesuai dengan aslinya, baik berupa tulisan maupun gambar. Dengan adanya mesin faximile, maka pesan dalam bentuk kertas akan bisa sampai kepada tujuan. Alat komunikasi ini sebagai alat yang banyak di gunakan di perkantoran atau sekolah.
Kelebihan dari faximile :
a)      Pengiriman dokumen lebih cepat meskipun tempatnya jauh.
b)      Dokumen yang dikirim sesuai aslinya, tanpa adanya pengurangan resolusi gambar.
c)      Mudah dijangkau dan digunakan oleh semua orang.
Kekurangan dari faximile :
a)      Penggunanya lebih sedikit daripada e-mail.

13) E-Mail



            E-mail merupakan salah satu sarana komunikasi yang berbasis online yang memungkinkan kita saling berkomunikasi, saling bertukar data, dan sebagainya.
Kelebihan dari e-mail :
a)      Pengiriman e-mail dapat berlangsung dengan cepat, asalkan saluran Internet yang digunakan tidak bermasalah.
b)      Biayanya lebih murah daripada menggunakan perangko.
c)      Dapat menjangkau seluruh dunia sekalipun.
d)     Pesan yang dikirim atau diterima berupa teks, gambar, video, program, suara, dan lain-lain.
e)      Tidak ada seorang pun yang dapat mengetahui, karena bersifat pribadi dan menggunakan password.
Kekurangan dari e-mail :
a)      Adanya pemalsuan identitas.
b)      Harus menggunakan koneksi internet untuk menerima maupun mengirim pesan.
c)      Responnya lambat.

14)  Komputer



            Komputer merupakan suatu alat yang dapat digunakan untuk menulis, menggambar, membuat video dan yang lain. Selaian itu, komputer juga dapat digunakan sebagai hiburan atau game. Komputer merupakan salah satu alat komunikasi modern.
Kelebihan dari komputer :
a)      Dapat digunakan untuk mengolah data dengan kecepatan yang tinggi.
b)      Dapat menghasilkan informasi.
c)      Dapat melakukan pekerjaan sesuai yang kita inginkan.
Kekurangan dari komputer :
a)      Tidak dapat beroperasi tanpa adanya pemakai atau user.
b)      Tanpa adanya instruksi tidak akan beroperasi.

15) Microfon


            Microfon merupakan suatu alat yang digunakan untuk menyampaikan informasi secara langsung berupa suara. Apabila dalam suatu keramaian, dapat menggunakan microfon agar semua orang bisa mendengar apa yang di ucapkan oleh pembicara. Biasanya orang menyebutnya “mic”. Perkembangan mic pun sudah kian pesat, sekarang sudah mic yang menggunakan nirkabel. Dengan jarak 10 atau 20 meter mic bisa terhubung dengan sound atau pengeras suar.

16) TOA


            TOA merupakan suatu alat yang biasanya digunakan oleh para orang yang lagi orasi dalam menyampaikan pendapat. Suara yang dihasilkan atau dikeluarkan oleh TOA tidak terlalu besar, namun alat ini termasuk sebagai alat komunikasi modern yang pernah ada dan sering digunakan oleh orang-orang.
Kelebihan dari TOA :
a)      Tombol on off serta volume dapat dilakukan dengan mudah.
b)      Lebih ringkas (speaker dan power jadi satu).
c)      Mudah dibawa kemana-mana
Kekurangan dari TOA :
a)      Suara yang dihasilkan tidak terlalu besar.
b)      Kurang jelas untuk didengar.

17) Modem


            Modem merupakan suatu alat yang digunakan untuk menghubungkan komputer atau laptop ke internet. Terdapat berbagai jenis modem. Modem dibagi menjadi dua macam, yakni modem internal dan modem eksternal. Biasnya yang paling sering digunakan adalah modem eksternal, karena mudah dibawa kemana-mana dan mudah dipindah dari satu komputer ke komputer lainnya.

 

2. PERKEMBANGAN ALAT KOMUNIKASI

            Perkembangan alat komunikasi sudah ada sejak jaman dahulu. Manusia telah menciptakan berbagai alat dalam melakukan komunikasi khususnya media komunikasi jarak jauh untuk memperoleh informasi atau tujuan lainnya tanpa perlu mendatangi langsung ke tempat tujuan. Pada dasarnya, manusia adalah mahluk sosial yang memiliki kelebihan berupa akal dibandingkan dengan mahluk Tuhan lainnya. Manusia memiliki kelebihan untuk saling memahami satu sama lain. Itulah yang disebut sebagai komunikasi. Sejarah perkembangan komunikasi terus mengalami perubahan dari masa ke mas. Mulai zaman prasejarah hingga era modern seperti saat ini.

1)      Merpati Pos

            Merpati merupakan alat komunikasi yang memanfaatkan atau menggunakan burung merpati sebagai mengantar surat atau pesan. Merpati digunakan sebagai alat komunikasi karena burung ini dianggap pintar adari burung-burung laiinya. Tidak hanya itu, merpati ju memiliki daya ingat kuat dan kemampuan navigasi maupun naluri alamiah untuk kembali ke sarang. Cara ini berasal dari orang-orang Persia yang melatih burung-burung merpati. Merpati pos pertama kali digunakan oleh Sultan Bagdad Nuruddin pada tahun 1416, untuk mengirimkan pesan sekitar kerajaannya. Selanjutnya, orang Romawi menggunakan merpati pos untuk mengirim pesan kepada pasukan militernya. Dan orang Yunani mengunakannya untukmemberitahukan pemenang olimpiade. Pada masa perang dunia pertama tahun 1914 sampai 1918, pasukan Amerika juga menggunakan permati pos untuk komunikasi.

2)      Telegraph

            Telegraf merupakan alat yang digunakanuntuk mengirim dan menerima pesan dari jarak jauh. Alat ini ditemukan oleh seorang warga Amerika, Samuel F.B. Morse bersama asistennya Alexander Bain pada tahun 1837. Pesan pertamanya dikirim pada 6 Januari 1838 dan dikirimkan oleh perator menggunakan kode morse. Pesan ini sering dinamakan pesan kabel atau kawat. Media ini sangat efektif dan dulu menjadi primadona meskipun yang bisa mengirim dam menerima hanyalah orang yang paham kode Morse. Untuk keperluaan peperangan, media ini sangat diperlukan agar pesan rahasia tetap terjaga. Perkembangan selanjutkan, media ini melahirkan media baru seperti teleprinting dan faksimile. Di Indonesia pemanfaatan telegraf dimulai sejak saluran telegraf pertama dibuka pada tanggal 23 Oktober 1855 oleh Pemerintah Hindia Belanda. Telegraf pun dapat dirasakan masyarakat di 28 kantor telegraf. Tidak hanya menghubungkan Batavia (Jakarta) dan Buitenzorg (Bogor), telegraf pun bisa menghubungkan Jakarta dan Singapura, Jawa dan Australia.

3)      Telepon

           
                Telepon merupakan suatu alat yang digunakan untuk menyampaikan informasi dari satu pihak ke pihak lainnya dari jarak jauh, baik dalam lingkungan sendiri maupun ke luar kantor. Penemuan telepon dipicu oleh permintaan penggunaan telegraf yang semakin berkembang dan meningkat. Telepon pun ditemukan pada sekitar tahun 1876 oleh Alexander Graham Bell. Di Indonesia telepon lokal pertama digunakan sejak 16 Oktober 1882 yang diselenggarakan pihak swasta. Jaringan telepon pertama ini menghubungkan Gambir dan Tanjung Priok (Batavia). Selanjutnya jaringan telepon dibuat di kota-kota besar lainnya. Tahun 1906, perusahaan jaringan telepon diambil alih dan dikelola Pemerintah Hindia Belanda melalui PTT (Post, Telegraf, Tetephon) Dienst.

          Seiring perkembangan teknologi, kebutuhan telekomunikasi meningkat jaringan telekomunikasi pun diperluas. Pada tahun 1967 PT Indosat (Indonesia Satelite Corporation) mulai membangun jaringan telephon gelombang mikro. Dimulai dengan jaringan Trans Sumatra dan Indonesia Timur. Selanjutnya, tahun 1976, satelit Palapa A-1 diluncurkan sehingga memungkinkan jaringan telephon Indonesia meluas hingga mencapai luar negara.

4)      Telegram



            Telegram dipopulerkan pada tahun 1920-an. Telegram berisi kombinasi kode-kode yang ditransmisikan oleh telegraf. Telegram ini tarif mengirimannya lebih murah dari telephon, meskipun tarifnya dihitung berdasarkan jumlah karakter termasuk tanda baca. Namun waktu  yang dibutuhkan pun sangat singkat, kurang dari satu hari, tidak seperti surat. Di Indonesia, telegram dipopulerkan oleh perusahaan Telkom. Ada dua jenis telegram, telegram biasa dan Indah. Tetegram biasa berwarna biru muda, sedangkan telegram indag biasa dikirmkan pada hari-hari khusus seperti hari raya ratau tahun baru.

5)      Pager


            Pager atau radio panggil merupakan suatu alat telekomunikasi untuk menyampaikan dan menerima pesan pendek. Sekarang mungkin pager sudah jarang ditemukan, tetapi alat ini masih sering dipakai untuk orang-orang yang bergerak dibidang jasa seperti jasa informasi dari kesehatan. Pager ditemukan pada tahun 1956 oleh Multitone Electronic di Rumah Sakit St. Thomas London oleh dokter-dokter yang sedang bertugas dalam kondisi darurat. Sejak itu pager semakin berkembang. Sebelum telepon seluler berkembang, pager digunakan sebagai pengganti untuk layanan            telepon lokal dan internasional. Di Indonesia pager muncul sebelum tahun 1997. Dan pelanggannya mencapai 800.000. Namun karena harga perangkat yang terus menerus melambung pelangan pun perlahan menurun. Apalagi telah munculnya teknologi telepon seluler atau sering disebut handphone.

6)      Surat Elektronik ( E-Mail )



            Surat elektronik merupakan sarana mengirim surat melalui jaringan komputer, misalnya internet. Surat elektronik mulai dipakai pada tahun 1960-an. Saat itu internet belum terbentuk, tetapi surat terkirim melalui jaringan yang berbentuk dari kumpulan “mainframe”. Mulai tahun 1980-an mulai bisa dipakai oleh umum.

7)      Internet


            Rangkaian yang membentuk internet (kependekan dari interconnected-networking) diawali pada tahun 1969 sebagai ARPANET. Rangkaian ini dibangun oleh ARPA (United States Department of Defense Advanced Research Projects Agency). Tahun 1983 ARPANET menukar protokol rangkaian pusatnya dari NCP ke TCP/IP, yang merupakan awal dari internet yang kita kenal. Di Indonesia, sejarah internet dimulai pada awal tahun 1990-an. Pada tahun 1992 hingga 1994, beberapa nama muncul diawal pembangunan internet salah satu diantaranya Onno W. Purbo. Tahun 1994 IndoNet menjadi ISP (Internet Serveci Provider) komersial pertama di Indonesia. Saat ini pihak Pos dan Telekomunikasi belum melihat celah bisnis internet. Mulai 1995 mucul jasa akses Telnet ke luar negeri, sehingga pemakai internet di Indonesia bisa mengakses internet (HTTP).

8)      Telepon Genggam

            Penemuan telepon genggam tak terlepas dari perkembangan radio. Berawal pada tahun 1921, Departemen Kepolisian Detroit Michigan mulai menggunakan telepon mobil satu arah. Kemudian tahun 1940, Galvin Manucfatory Corporation (sekarang Motorola) mengembangkan Handle-talllkle SCR536 untuk keperluan komunikasi di medan perang saat perang Dunia II. Namun, penemuan telepon genggam yang sebenarnya terjadi pada tahun 1973 oleh Martin Cooper dari Matorola Corp. Telepon ini kemudian dikenal sebagai telepon genggam generasi pertama atau 1G. dari model inilah kemudian muncul telephon genggam berikutnya.
            Pada tahun 1990-an generasi kedua atau 2G muncul dengan teknologi GSM dan CDMA. Teknologi ini dilengkapi dengan pesan suara, panggilan tunggu dan sms (short message service). Ukuran dan berat yang lebih kecil menjadi unggulan teknologi ini. Kini, teknologi telepon genggam sudah mencapai generasi ketiga (3G) dan keempat (4G). Teknologi ini memberikan jangkauan yang lebih luas lagi termasuk internet. Fitur telepon seluler pun bahkan mendekati fungsi PC. Bahkan untuk teknologi 4G memiliki heterogenitas jaringan hingga memungkinkan pengguna menggunakan beragam system kapan saja dan dimana saja. di Indonesia, teknologi telepon genggam pertama kali hadir pada tahun 1984 berbasis teknologi Nordic Mobile Telephone (NMT).
            Telepon genggam pun mulai beredar tahun 1985-1992, tetapi dengan bentuk yang masih besar dan berat. Tahun1993, PT Telkom memulai proyek percontohan seluler digital GSM (Global System for Mobile) yang dimulai di dua pulau, Batam dan Bintan. Setahun kemudian (1994) operator GSM pertama di Indonesia berorasi melalui PT Satelindo. Selanjutnya mulai bermunculan operator GSM lainnya.

9)      Pesan Instant ( Instant Messaging )

            Pesan instant merupakan sebuah teknologi internet di mana para pengguna jaringan internet dapat mengirimkan pesan-pesan singkat pada saat yang bersamaan (real time). Istilah pesan instan ini mengacu pada teknologi yang dipopulerkan oleh America Online (AOL), kemudian diikuti Yahoo! (Yahoo Massenger), Google dan Microsoft (Windows Live Messenger). Bermula ketika orang-orang marak menggunakan teknologi secara online awal tahun 1990. Para pengembang peranti lunak menciptakan software chat room, yakni suatu grup atau perseorangan bisa mengirimkan pesan kepada setiap orang di 'room' tersebut. Tahun 1996, pesan instan ini meledak saat diperkenalkan ICQ, sebuah pesan gratis. Namun AOL, menjadi pionir dalam kemunitas online pada tahun 1997, karena AOL bisa memberikan kemampuan pengguna berkomunikasi dalam waktu yang sama. Dari sinilah semakin berkembang perusahaan-perusahaan lainnya yang menciptakan mesin pesan instan.

10)  Mobile Chat Messenger

            Hampir sama seperti pesan instan, namun diaplikasikan kedalam sebuah handphone atau smartphone yang berteknologi tinggi. Ini bisa menggantikan penggunaan layanan SMS yang lebih komplit disertai dengan fitur-fitur menarik dan notifikasi. Ada banyak sekali aplikasi chat yang sangat terkenal, sebagai contoh Blackberry Messenger, Whatsapp, Ebuddy, Mig33, Nimbuzz dan masih banyak sekali yang tidak bisa disebutkan satu per satu.

3. KELEBIHAN DAN KEKURANGAN ALAT KOMUNIKASI

1)      Dalam Bidang Sosial
·         Kelebihan :
a)      Dapat mempermudah komunikasi antara suatu tempat dan tempat yang lain.
b)      Dapat mempererat hubungan.
·         Kekurangan :
a)      Mengubah bentuk komunikasi mulanya berupa face to face menjadi tidak. Hal ini yang menyebabkan komunikasi menjadi hampa.
b)      Cenderung menjadi seseorang yang individualis.
c)      Dapat membuat peluang masuknya hal-hal yang berbau pornografi, pornoaksi, maupun kekerasan.
d)     Adanya kesenjangan sosial yang terjadi di masyarakat antara orang kaya dan orang miskin.
e)      Maraknya manipulasi data dan berbagai cyber crime yang lainnya

2)      Dalam Bidang Pendidikan
·         Kelebihan :
a)      Pembelajaran semakin berkembang dengan adanya inovasi e-learning yang semakin memudahkan proses pendidikan.
b)      Informasi yang dibutuhkan akan semakin cepat dan mudah di akses untuk kepentingan pendidikan.
c)      Sistem administrasi pada sebuah lembaga pendidikan akan semakin mudah dan lancar karena penerapan sistem TIK.
·         Kekurangan :
a)      Melatih anak untuk berpikir pendek dan bertahan berkonsentrasi dalam waktu yang singkat (short span of attention).
b)      Semakin mudahnya mengakses data menyebabkan orang yang bersifat plagiatis akan melakukan kecurangan.
c)      Pengembangan infrastruktur pendidikan apabila distribusi informasi yang tidak merata.

3)      Dalam Bidang Ekonomi
·         Kelebihan :
a)      Dapat mempermudah transaksi-traansaksi bisnis suatu perusahaan atau perorangan.
b)      Semakin maraknya penggunaan TIK akan semakin membuka lapangan pekerjaan.
c)      Dapat mempermudah kegiatan promosi dan pemasaran suatu produk.
·         Kekurangan :
a)      Semakin memudahkan transaksi yang dilarang seperti transaksi barang selundupan atau transaksi narkoba.
b)      Pembobolan rekening suatu lembaga atau perorangan yang mengakibatkan kerugian financial yang besar.

4)      Dalam Bidang Pemerintahan
·         Kelebihan :
a)      Membuat masyarakat semakin mudah untuk mengakses kebijakan pemerintah sehingga program yang dicanangkan pemerintah dapat berjalan dengan lancar.
b)      Dapat memperbaiki kinerja pemerintah, karena masyarakat dapat memberi masukan mengenai kebijakan-kebijakan yang telah dibuaat.
c)      Dapat mendukung pengelolaan pemerintahan yang lebih efisien, dan bisa meningkatkan komunikasi antara pemerintah dengan sektor usaha dan industri.
·         Kekurangan :
a)      Masyarakat semakin bebas untuk mengakses situs pemerintah, sehingga dapat membuka peluang terjadinya cyber crime yang dapat merusak sistem TIK pada e-government.

4. MASALAH-MASALAH YANG TERJADI PADA AKTIVITAS PERKANTORAN

1)      Penyimpanan data sangat terbatas karena database yang ada pada komputer sudah penuh.
2)      Adanya hubungan atau komunikasi yang baik antara satu pimpinan dengan karyawan ataupun karyawan yang satu dengan karyawan lainnya.
3)      Keterbatasan mesin yang menunjang proses kegiatan kantor sehingga dapat menghambat sistem kegiatan kantor.
4)      Kurangnya kecakapan atau keterampilan yang dimiliki para karyawan dalam menggunakan alat-alat komunikasi yang ada di lingkungan kantor.



Referensi :

2 komentar:

  1. Kepada YTH
    Bag. Import Dept
    Dengan Hormat,

    Bersamaan dengan ini perkenalkanlah Kami dari PT.PRESSTI ASIA INDONESIA Yang begerak dibidang Jasa Export –Import Door To Door
    Kami Adalah Spesialis Dalam Pengiriman Barang Ekspor Dan Impor Dengan Layanan ‘Door To Door Service’. Melalui Layanan Ini Kami Akan Mengangkut Barang Mulai Dari Pintu Sipengirim Sampai Ke Pintu Sipenerima Barang. Anda Dapat Memanfaatkan Layanan Kami Dengan Harga Terjangkau Karena Kami Menawarkan Harga Yang Kompetitif Serta Dikombinasikan Dengan Layanan Transportasi Cepat Ke Dan Dari Berbagai Negara Di Dunia Dan Barang Tersebut Akan Kami Antar Sampai Ke Door Tempat Bapak.

    (Sudah termasuk Pajak Impor,Freight dan Biaya Lainnya)

    Pelayanan Utama:
    - Jasa Export Import Door To Door/
    Borongan
    - Door To Door Service
    - Domestic Service
    - Customs Brokerage–Custom Clearance
    - Under Name
    - Import Sea Freight Dan Air Freight Service
    - Export Sea Freight Dan Air Freight Service

    mengenai biaya pembayaran akan kami tagih setelah barang sudah sampai ketempat


    Demikianlah penawaran jasa yang Kami ajukan semoga menjadi bahan pertimbangan bagi Bapak / Ibu untuk menjadi mitra Kami
    Moto Kami : Kesuksesan Anda menjadi Kesuksesan Kami, Solusi Kami menjadi kepercayaan Anda.


    Terimakasih
    Hormat kami,

    FADHIL PRATAMA

    PT. PRESSTI ASIA INDONESIA

    Jln.Raya Lenteng Agung Kav 22 No.20 Jakarta Selatan.
    Hp : 0821-1020-3897
    BBM : D266847A
    Tlpn :021-7888 6569
    Fax :021-7888 6594
    Email: fadhil.pt.pressti@gmail.com

    BalasHapus