1. PENGERTIAN OTOMATISASI PERKANTORAN
Asal mula otomatisasi kantor di awal
tahun 1960-an, ketika IBM menciptakan istilah word processing untuk
menjelaskan kegaitan devisi mesin tik listriknya. Bukti nyata, pada tahun 1964,
ketika IBM memasarkan mesin yang disebut Magnetic Tape/Selectric Typewriter
(MT/ST) yaitu mesin ketik yang dapat mengetik kata-kata yang telah direkam
dalam pita magnetik secara otomatis.
Otomatisasi
kantor (Office Automation) atau OA merupakan penggunaan alat elektronik
untuk memudahkan komunikasi formal dan informal terutama berkaitan dengan
komunikasi informasi dengan orang-orang baik yang berada di dalam maupundi luar
perusahaan sehingga dapat meningkatkan produktivitas. Otomatisasi kantor juga
merupakan sebuah rencana untuk menggabungkan teknologi tinggi melalui perbaikan
proses pelaksanaan pekerjaan demi meningkatkan produktifitas pekerjaan.
Keterangan
gambar :
1)
Karena OA tidak memiliki mengelola data, penggunaan database
dibatasi pada isi informasi. Informasi dikumpulkan dari sistem fisik perusahaan
( SIA mengumpulkan datanya ). Informasi juga disediakan oleh lingkungan.
2)
Informasi berfungsi sebagai input bagi aplikasi OA berbasis
computer seperti pengolah kata, e-mail, dann konferensi komputer.
3)
Pemecah masalah lain berada ditengah-tengah garis yang
memisahkan perusahaan dengan lingkungan. Ini berarti bahwa orang-orang itu
mungkin berada di kedua area tersebut.
4)
Model tersebut juga mencerminkan penggunaan aplikasi OA
berbasis non-komputer seperti konferensi video dan audio.
Tujuan otomatisasi kantor adalah
sebagai berikut :
a)
Pemanfaatan yang seefisien mungkin atas uang,
tenaga kerja, material, waktu dan mesin atau alat-alat kerja.
b)
Meningkatkan produksi.
c)
Pemeliharaan kecepatan dan ketepatan prosedur kerja.
2. KATEGORI PEMAKAI ADMINISTRASI PERKANTORAN
Otomatisasi Kantor (Office
Automation) digunakan oleh semua orang yang bekerja di dalam kantor. Pada
dasarnya ada 4 kategori pengguna Otomatisasi Kantor, yaitu :
a)
Manajer
adalah orang-orang yang bertanggung
jawab mengelola sumber daya perusahaan, terutama yang berkaitan dengan sumber
daya manusia.
b)
Profesional
adalah orang yang menyumbangkan
keahlian khusus yang membedakan mereka dengan sekertaris dan pegawai
administrasi.
-
Misalnya : Pembeli, wiraniaga, dan asistenstaff khusus.
-
Manajer dan professional secara bersama dikenal sebagai
pekerja terdidik.
c)
Sekertaris
adalah orang yang ditugaskan oleh
professional untuk melaksanakan berbagai tugas seperti menangani korespondensi,
menjawab telepon dan mengatur jadwal pertemuan.
d)
Pegawai Administrasi
adalah orang-orang melaksanakan
tugas-tugas untuk sekertaris, seperti mengoperasikan mesin fotokopi, menyusun
dokumen, menyimpan dokumen, dan lain-lain.
3. KONSEP-KONSEP OTOMATISASI
a)
Proses yang terjadi di perkantoran seperti
halnya proses manufaktur yang selalu mengarah ke otomatisasi.
b)
OA berevolusi dari aplikasi-aplikasi yang
terpisah dan tanpa rencana menuju aplikasi yang terencana dan terpadu (IOAS – Integrated
Office Automation System).
c)
OA memudahkan penerimaan dan pengiriman
informasi.
d)
OA sebagai pelengkap bagi metode komunikasi
tradisional bukan sebagai pengganti.
4. MANFAAT OTOMATISASI
Otomatisasi
kantor terkait dengan berbagai komponen dalam menangani informasi mulai dari
input hingga distribusi dengan memanfaatkan bantuan teknologi secara optimal
dan campur tangan manusia secara minimal. Berikut ini beberapa manfaat yang
diperoleh perusahaan dalam pemanfaatkan sistem otomatisasi perkantoran:
1) Pendapatan
yang lebih inggi versus penghindaran biaya
2) Menyelesaikan pekerjaan kantor dengan
lebih cepat
3) Memerlukan sedikit tempat menyimpan
data
4) Pemecahan
masalah kelompok atau tim
5) Mengurangi kebutuhan akan staf dalam
jumlah besar
6) Cara
otomatisasi kantor berkontribusi pada komunikasi ke dan dari manajer membuatnya
sangat cocok diterapkan untuk memecahkan masalah kelompok
7) Beberapa orang dapat memperbarui data
secara bersamaan dalam hal perubahan jadwal
8) Komputer
tidak menggantikan pekerja saat ini, tetapi computer menunda penambahan pegawai
yang diperlukan untuk menangani beban kerja yang bertambah.
9)
Pelengkap bukan pengganti.
10) Otomatisasi
kantor melengkapi komunikasi tradisional
5. TEORI TELEKOMUNIKASI
Sejak ditemukan telepone oleh Antonio Meucci, telekomunikasi telah berkembang pesat, bahkan bisa jadi tercepat di antara sistem lain. Terutama setelah ditemukan transistor, Integrated Circuit (IC), sistem prosesor, dan sistem penyimpanan. Telekomunikasi merupakan teknik pengiriman atau penyampaian informasi, dari suatu tempat ke tempat lain. Dalam kaitannya dengan 'telekomunikasi' bentuk komunikasi jarak jauh dapat dibedakan atas tiga macam:
1) Komunikasi Satu Arah (Simplex)
Dalam komunikasi satu arah (Simplex) pengirim dan penerima informasi
tidak dapat menjalin komunikasi yang berkesinambungan melalui media yang sama.
-
Contoh : Pager,televisi, dan radio.
2) Komunikasi Dua Arah (Duplex)
Dalam komunikasi dua arah (Duplex) pengirim dan penerima informasi
dapat menjalin komunikasi yang berkesinambungan melalui media yang sama.
3) Komunikasi Semi Dua Arah (Half Duplex)
Dalam komunikasi semi dua arah (Half Duplex)pengirim dan penerima
informsi berkomunikasi secara bergantian namun tetap berkesinambungan.
-
Contoh :Handy Talkie, faximile, dan Chat Room
Komponen dasar sebagai pendukung telekomunikasi
adalah sebagai berikut :
1)
Informasi
Merupakan data yang dikirim atau diterima seperti
suara, gambar, file, tulisan
2)
Pengirim
Mengubah informasi menjadi sinyal
listrik yang siap dikirim
3) Media Transmisi
Alat yang berfungsi mengirimkan dari
pengirim kepada penerima. Karena dalam jarak jauh, maka sinyal pengirim diubah
lagi (dimodulasi) dengan gelombang radio, kemudian diubah menjadi gelombang elektromagnetik
dan dipancarkan dengan alat bernama antena, agar dapat
terkirim jarak jauh.
4)
Penerima
Penerima sinyal elektromagnetik kemudian digubah menjadi sinyal listrik, sinyal diubah kedalam informasi
asli sesuai dari pengirim, selanjutnya diproses hingga bisa dipahami oleh
manusia sesuai dengan yang dikirimkan.
Dalam mengubah informasi menjadi sinyal listrik yang siap dikirim, ada dua
cara pengiriman yang dipakai.
-
Pertama
adalah sinyal analog
yaitu mengubah bentuk informasi ke sinyal
analog dimana sinyal berbentuk gelombang listrik yang kontinue (terus menerus)
kemudian dikirim oleh media transmisi.
-
Kedua adalah
sinyal digital
yaitu
dimana setelah informasi diubah menjadi sinyal analog
kemudian diubah lagi menjadi sinyal yang terputus-putus (discrete). Sinyal yang
terputus-putus dikodekan dalam sinyal digital yaitu sinyal "0" dan
"1".
Dalam pengiriman sinyal melalui media transmisi, sinyal analog mudah
terkena gangguan terutama gangguan induksi dan cuaca, sehingga di sisi penerima
sinyal tersebut terdegradasi. Sementara untuk sinyal digital tahan terhadap
gangguan induksi dan cuaca, selama gangguan tidak melebih batasan yang
diterima, sinyal masih diterima dalam kualitas yang sama dengan pengiriman.
6. PERSONAL COMPUTER ( PC )
Istilah komputer pribadi pertama kali digunakan di majalah New Scientist pada tahun 1964 dalam artikel berseri yang berjudul "The World in 1984" (Dunia pada Tahun 1984). Dalam "The Banishment of Paper Work" (Hilangnya Pekerjaan Tulis-Menulis), Arthur L. Samuel dari Pusat Penelitian Watson (Watson Research Center) nya IBM menulis, "Meskipun mungkin saja kita dapat memperoleh pendidikan di rumah melalui PC orang tersebut sendiri, sifat asli manusia tetap tak akan berubah."
Generasi pertama mikro komputer mulai bermunculan pada tahun 70-an. Namun begitu, ia tidak
berkemampuan tinggi, dan kurang cakap dibandingkan dengan komputer bisnis
(Business Computer) pada waktu itu, sehingga hanya digunakan oleh peminat
komputer, atau hanya untuk permainan elektronik serta penggunaan bulletin board
system. Seperti pada komputer modern di era chip silikon PC menggunakan
mikrokomputer sebagai Unit Pemroses Pusat . Mikroprosesor yang pertama dipakai
pada PC IBM adalah Intel4004 yang dikeluarkan pada 15 November 1971.
Mikrokomputer menjadi alat perniagaan
ketika program spreadsheet VisiCalc diluncurkan untuk
mesin Apple II, dan kemudian untuk kelompok 8-bit Atari, Commodore PET, dan PC IBM yang menjadi program aplikasi
terpopuler. Pada sekitar tahun 1980an, harga komputer pribadi yang rendah
menjadi sebab utama kepopularannya untuk kegunaan di rumah serta bisnis. Pada
tahun 1982, majalah Time memberikan "Komputer Pribadi" gelar "Man of the Year".
Personal Computer merupakan
seperangkat komputer yang digunakan oleh satu orang saja atau pribadi. Biasanya
komputer ini adanya dilingkungan
rumah, kantor, toko, dan dimana saja karena harga PC sudah relatif terjangkau dan banyak macamnya. Fungsi utama dari
personal computer adalah untuk
mengolah data input dan menghasilkan output berupa data atau informasi sesuai
dengan keinginan user (pengguna).
Dalam pengolahan data yang dimulai
dari memasukkan data (input) sampai akhirnya menghasilkan informasi, komputer
memerlukan suatu sistem dari kesatuan elemen yang tidak bisa terpisahkan.
1)
Hardware (perangkat keras)
Hardware merupakan sekumpulan komponen
perangakat keras komputer yang secara fisik bisa dilihat, diraba, dirasakan.
Hardware ini dibagi menjadi 5 (lima) bagian, yaitu:
a. Input Device, peralatan masukkan (Keyboard,mouse,dll),
b.
Process Device, peralatan proses (processor, motherboard, ram, dll),
c.
Output Device, peralatan keluaran (Monitor, Printer, dll),
d.
Storage Device, peralatan penyimpan (harddisk,flashdisk, dll),
e.
Peripheral Device, peralatan tambahan (WebCam, modem, dll),
2)
Software ( Perangkat Lunak )
Software merupakan program yang berisi instruksi atau perintah
sebagai pelantara yang menghubungkan (menjembatani) antara hardware dan brainware
(perangkat manusia) sehingga dapat menghasilkan informasi yang diinginkan brainware.
Software dapat dikategorikan menjadi dua kelompok.
a.
Software
Operating System (OS)
Contohnya adalah Windows, Linux, Dos,
Android, dll. Tanpa adanya Operating System ini, maka hardware hanyalah benda mati
yang tidak bisa digunakan.
b.
Software
Application System
Contohnya adalah Ms. Office, Open
Office, Adobe Photoshop, Corel Draw, Program Database, Program Utilities, dll.
3)
Brainware ( Perangkat Manusia/pengguna/user )
Brainware merupakan perangkat yang mengoperasikan dan menjalankan
perangkat lunak yang ada didalam komputer.
Contohnya adalah siswa dikelas yang sedang memperhatikan presentasi yang
dibawakan oleh gurunya dengan menggunakan Laptop dan Projector. Siswa ini
secara tak sadar disebut juga sebagai brainware karena melihat hasil (informasi)
pelajaran yang disampaikan gurunya. Brainware dikelompokkan menjadi beberapa
kategori :
-
Pembuat program (programmer),
-
Technical Support,
-
Designer Graphic, Operator,
-
user paling awam sekalipun.
Perkembangan PC (Personal Computer) saat ini memang sangat
cepat sekali. Buktinya, Komputer
yang dulunya berukuran besar yang hanya ditemukan di tempat-tempat tertentu,
harga komputer yang dulu
selangit yang hanya dimiliki orang-orang kaya, sekarang sudah berubah ketika PC yang sekarang bentuknya kecil dan harganya
bisa terjangkau oleh masyarakat umum. Selain itu, perkembangan ini diikuti
dengan software aplikasi yang beragam dan jumlahnya sangat banyak, komputer
semakin menarik untuk digunakan. Bahkan oleh anak-anak, karena permainan games PC sangat banyak dan menyenangkan.
1)
Tahun 1975
(Komputer MITS Altair 8800)
2)
Tahun 1977
(Komputer Apple II)
3)
Tahun 1981
(Komputer IBM PC)
4)
Tahun 1983
Komputer Compaq PC
5)
Tahun
1983-1989 Komputer IBM PC Mendominasi
6)
Tahun 1985
Komputer Commodore Amiga 1000
7)
Tahun 1987 Komputer IBM PS/2
8)
Tahun 1992 Laptop
9)
Tahun 1993 Komputer Intel Pentium
10) Tahun 1997
Komputer Multimedia/Pentium MMX
11) Tahun
(1998-2005) Komputer Pentium II s.d Pentium IV
12) Tahun 2005 2010an Komputer Pentium D
(Dual-Core) & Pentium Core 2 Duo
13) Tahun 2010an-
Sekarang Komputer Core i3 – core i9
7. E-MAIL DAN TELECONFERENCE
E-mail
(electronic mail) merupakan surat dalam bentuk elektronik. E-mail merupakan
salah satu fasilitas atau aplikasi internet yang paling banyak digunakan dalam
hal surat-menyurat. Hal ini dikarenakan e-mail merupakan alat komunikasi yang
murah, cepat, dan efisien. Menggunakan e-mail memungkinkan kita untuk
mengirimkan pesan dalam bentuk surat ke seluruh dunia dalam waktu yang sangat
cepat dan biaya yang murah. E-mail yang dikirimkan akan sampai ke alamat yang
dituju sesaat e-mail tersebut dikirimkan. Biaya yang dikluarkan pun hanyalah biaya
untuk mengakses internet pada saat kita mengirimkan atau membuka untuk menerima
e-mail tersebut. Komunikasi menggunakan e-mail dilakukan dengan cara
mengaktifkan pesan yang akan kita kirim pada software yang dikhususkan untuk
keperluan ini, misalnya Microsoft Outlook.
Manfaat
e-mail adalah sebagai berikut :
a)
Sebagai media komunikasi yang biasa dilakukan secara umum
atau personal.
b)
Media pengiriman data ke seluruh dunia bagi orang-orang yang
secara bersama-sama menggunakan e-mail dalam hitung menit bahkan detik.
c)
Efektif, efisien, dan murah.
d)
Media promosi bagi orang-orang yang memiliki usaha maupun
bisnis online.
e)
Media informasi dari seluruh dunia.
f)
Membuat blog atau website
g) Sosial media, seperti facebook,
twitter, line, path, instagram, dan lain-lain agar bisa menjalin hubungan
dengan teman atau orang lain baik yang ada di dalam maupun di luar negara
sekalipun.
h) Dapat mengirimkan file berupa program,
gambar, grafik, dan file lainnya.
Telekonferensi
merupakan pertemuan berbasis elektronik secara langsung (live) di antara
dua atau lebih partisipan manusia atau mesin yang dihubungkan dengan suatu sistem
telekomunikasi yang biasanya berupa saluran telepon. Penggunaan telekonferensi
memiliki kelebihan efektivitas biaya dan waktu. Telekonferensi dapat berbentuk
konferensi audio atau konferensi video. Konferensi audio merupakan salah satu
jenis telekonferensi dimana seseorang dapat melakukan percakapan interaktif
didalamnya. Dengan audio-konferensi ini, seseorang dapat berbicara dengan lebih
dari satu orang melalui speaker. Dalam konferensi video, para partisipannya
dapat saling melihat gambar (video) dan dan saling mendengar, melalui peralatan
kamera, monitor, atau pengeras suara masing masing.
Saat ini dikenal tiga jenis telekonferensi yang sering
digunakan, baik untuk keperluan bisnis ataupun kegiatan-kegiatan sosial, yaitu
:
1)
Audio Conference (Conference Call)
Merupakan percakapan dua atau lebih
partisipan dengan menggunakan fasilitas telepon dimana komunikasi yang terjadi
antara partisipan hanya dalam bentuk suara (audio).
Kelebihan audio conference :
-
Partisipan hanya perlu menggunakan telepon biasa untuk
melakukan telekonferensi tanpa alat atau software tambahan.
-
Dapat digunakan kapan dan dimana saja tanpa perlu melakukan
konfigurasi perangkat yang akan digunakan.
-
Tanpa perlu koneksi internet yang cepat, karena layanan
panggilan menggunakan jalur telepon.
2) Video
Conference
Video conference merupakan teknologi komunikasi yang mengijinkan terjadinya
komunikasi dari beberapa lokasi yang berbeda yang secara simultan dapat
mengirimkan gambar video dan suara. Untuk melakukan video conference dapat memanfaatkan
teknologi jaringan IP (melalui internet) dan teknologi ISDN (Integrated
Services Digital Network). Video conference lebih banyak digunakan oleh
media televisi dan perusahaan-perusahaan yang berskala besar.
Hal-hal yang menyebabkan video
conference tidak populer di Indonesia adalah sebagai berikut :
a)
Dibutuhkan perangkat khusus seperti video input (video
camera atau webcam) dan video output (monitor), audio
input (microphone) dan audio output (speaker) serta
fasilitas data transfer (jaringan telepon ISDN, LAN atau Internet).
b)
Biayanya relatif mahal.
3)
Web Conference
Web conference atau biasa juga disebut webinars merupakan fasilitas telekonferensi interaktif yang
menawarkan fitur data stream (aliran data) lebih lengkap dimana
partisipan dapat berkomunikasi secara simultan menggunakan teks, suara, video
hingga berbagi file (file sharing) atau melakukan slide presentation.
Untuk menjalankan web conference
biasanya menggunakan aplikasi (software) khusus yang disediakan oleh provider
web conference dengan cara berlangganan, dan memanfaatkan teknologi
internet khususnya TCP/IP connection. Untuk melakukan web conference
cukup menggunakan perangkat komputer yang dilengkapi dengan perangkat
multimedia yang memadai seperti webcam, microphone dan speaker,
serta koneksi internet. Dengan fitur yang lebih banyak, perangkat web
conference lebih sederhana dibanding video conference biasa. Web conference banyak digunakan
untuk kegiatan-kegiatan seperti seminar atau workshop online.
8. MACAM-MACAM APLIKASI
1) Pengolahan
Kata (word Processing)
Penggunaan alat elektronik yang secara otomatis melaksanakan
banyak tugas-tugas yang diperlukan untuk menyiapkan dokumen yang akan diketik
atau dicetak.
contoh : Microsoft Word, Word Perfect, Open
Office, dan lain-lain.
2) Voice Mail.
Memerlukan komputer dengan kemampuan menyimpan pesan audio
dalam bentuk digital dan kemudian mengubahnya kembali menjadi bentuk audio saat
dipanggil.
3) Videotex
Penggunaan komputer untuk menampilkan pada layar materi
narasi dan grafik yang tersimpan.
4) Desktop
Publishing
Penggunaan komputer untuk menyiapkan output tercetak
yang kualitasnya sangat baik. Tampilan layar persis sama dengan salinan kertas
yang akan dihasilkan oleh printer laser.
5) Surat Elektronik (electronik mail).
Penggunaan jaringan komputer yang memungkinkan para pemakai
mengirim, meyimpan dan menerima pesan-pesan dengan menggunakan terminal
komputer dan alat penyimpanan.
contoh : yahoo mail, google mail , dll.
6) Kalender Elektronik (electronik
calendaring)
Penggunaan jaringan komputer untuk menyimpan dan mengambil
kalender pertemuan manajer. Manajer atau sekertaris manajer dapat memasukkan
pertemuan-pertemuan, membuat perubahan, meneelaah kalender itu dengan
menggunakan terminal keyboard. Kalender elektronik sangat bermanfaat bagi
manajer tingkat atas yang yang memiliki jadwal pertemuan yang sangat padat.
7) Konfrensi Komputer
Penggunaan jaringan komputer untuk memungkinkan para anggota
tim pemecah masalah bertukar informasi mengenai masalah yang akan dipecahkan.
8) Konfrensi Audio
Penggunaan peralatan komunikasi suara untuk membuat suatu
hubungan audio diantara orang-orang yang tersebar secara geografis untuk
melaksanakan konfrensi. Conference call merupakan bentuk pertama
konfrensi audio yang masih digunakan.
9) Konfrensi Video
Penggunaan peralatan televisi untuk menghubungkan para
peserta konfrensi yang tersebar secara geografis. Peralatan tersebut
menyediakan hubungan audio dan video.
10) Transmisi Faximile (facsimile
transmission)
Penggunaan peralatan khusus yang dapat membaca dokumen pada
satu ujung saluran komunikasi dan membuat salinannya diujung yang lain. FAX berkontribusi
pada pemecahan masalah dengan membagikan dokumen kepada para anggota timpemecah
masalah secara mudah dan cepat.
Faktor-faktor
yang mempengaruhi pilihan aplikasi Otomatisasi Kantor :
a. Jenis Organisasi
Merupakan manajer di perusahaan dengan satu lokasi tidak
akan mempertimbangkan konferensi audio dan video.
b. Pilihan Pribadi
Merupakan manajer yang memilih komunikasi tatap muka
tertarik pada konferensi video dan memanfaatkan kalender elektronik.
c. Sumber daya OA yang tersedia paduan
manajer dibatasi oleh sumber oleh sumber daya OA yang tersedia dalam perusahaan.
Referensi :
- Ardiansyah, Deva. 2013. Pengertian dan Fungsi Personal Computer (PC) Beserta Perkembangannya, [online], (http://pakdevakeren.blogspot.com/2013/08/pengertian-dan-fungsi-personal-computer.html, diakses pada tanggal 18 Maret 2015)
- Dino, Anugerah. 2014. Pengertian Otomatisasi Perkantoran, [online], (http://anugerahdino.blogspot.com/2014/10/pengertian-otomatisasi-perkantoran.html, diakses pada tanggal 18 Maret 2015)
- Eli. 2010. Otomatisasi kantor, [online], (http://queen88-ely.blogspot.com/2010/11/otomatisasi-kantor.html, diakses pada tanggal 18 Maret 2015)
- Hidayat, Nurul. 2014. Pengertian dan Manfaat Kegunaan Email, [online], (http://pengetahuanwawasanz.blogspot.com/2014/03/pengertian-dan-manfaatkegunaan-e-mail.html, diakses pada tanggal 18 Maret 2015)
- Puzies. 2009. Pengertian Telekomunikasi, [online], (http://puzies.blogspot.com/2009/12/pengertian-telekomunikasi.html, diakses pada tanggal 18 Maret 2015)
- Ropy. 2011. Otomatisasi Perkantoran, [online], (http://gudangropy.blogspot.com/2011/06/otomatisasi-perkantoran.html, diakses pada tanggal 18 Maret 2015)
- Wati, Andika. 2013. Otomatisasi Kantor, [online], (https://blogaanwati.wordpress.com/2013/01/11/otomatisasi-kantor/, diakses pada tanggal 18 Maret 2015)
- . 2014. Mengenal Jenis-jenis Telekonferensi, [online], (http://www.kongkow.com/blog/read/mengenal-jenisjenis-telekonferensi, diakses pada tanggal 18 Maret 2015)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar