Senin, 23 November 2015

ANALISIS SKK PENGGALIAN BATU AKIK DI INDONESIA

         Saat ini, berburu batu akik dapat diibaratkan seperti berburu harta karun. Kalau mujur dapat berbangga dan menukarkannya dengan pundi-pundi rupiah yang sangat banyak. Namun jika kurang beruntung, pengalaman tentu akan menjadi memori yang berharga dan tak pernah terlupakan. Pada umumnya, batu akik bisa ditemukan di mana-mana, mulai dari pegunungan, sungai, hingga dari dalam gua. Bahkan, tidak sedikit orang yang mengaku menemukan bongkahan batu akik di pekarangan rumahnya. Hal ini bukanlah kabar yang mengherankan karena sebagian besar wilayah di Indonesia mempunyai gunung berapi yang merupakan sumber lahar sebagai material pembentuk batu. Namun satu aturan dasar yang menjadi landasan dalam pencarian batu akik di manapun, yaitu dilarang merusak lingkungan alam dan sekitarnya.


            Berikut adalah alat-alat yang diperlukan ketika mencari batu akik :
1.      Martil
2.      Cangkul
3.      Linggis
4.      Golok
5.      Senter
6.      Kotak P3K

            Disamping alat-alat, dalm mencari batu akik juga harus memperhatikan Syarat-Syarat Keselamatan Kerja (SKK). SKK merupakan suatu hal yang tidak dapat dipisahkan dalam sistem ketenagakerjaan dan sumber daya manusia. SKK sangat penting dalam meningkatkan jaminan sosial dan kesejahteraan para pekerjanya juga berdampak positif atas keberlanjutan produktivitas kerjanya. Oleh karena itu itu, SKK pada saat ini harus dipenuhi oleh sebuah sistem pekerjaan agar pekerjaan tersebut dapat berlangsung dengan aman dan lancar. Apabila dilihat dari kondisi lingkungan kerja tempat pengrajin batu akik serta fasilitas kerja masih belum menerapkan sistem keselamatan kesehatan kerja yang sesuai dengan prosedur seperti yang ada di dalam perusahaan tambang. Para pencari maupun pengrajin masih menggunakan alat keselamatan kerja seadanya atau bahkan tidak menggunakannya sama sekali. Alasan yang menyebabkan  mereka tidak memakai alat pelindung diri adalah misalnya risih, kepanasan, dan merasa tidak nyaman apabila saat musim panas seperti saat ini.
            Seperti yang telah diatur dalam Undnag-Undnag tentang syarat-syarat keselamatan kerja dalam segala tempat kerja yang berada dalam Wilayah Negeri Republik Indonesia, tempat kerja tambang batu akik (misalnya di dalam gua) sangatlah tidak aman untuk para penambang batu akik, karena dikhawatirkan terjadi tanah longsor yang tidak terduga saat proses pencarian berlangsung. Disamping fasilitas kerja masih belum memadai, juga terdapat banyak sekali potensi bahaya fisik yang dapat terjadi pada para penambang batu akik yang menyebabkan gangguan-gangguan kesehatan. Buktinya saja salah satu musibah yang menimpa tiga orang warga saat mencari batu akik dalam gua, mereka ditemukan tewas di dalam gua yang ada di Kabupaten Nias, Sumatera Utara.
            Pertambangan batu akik tersebut sebenarnya tidak memenuhi (SKK), karena dalam penambangan batu akik ini tidak dapat mencegah ataupun mengurangi kecelakaan pada saat bekerja. Hal itu dapat terjadi, dikarenakana para penambang batu akik tidak menggunakan alat keselamatan yang sesuai standar. Alat-alat yang digunakan untuk menambang batu akik di Indonesia juga masih sangat sederhana, berbeda dengan yang ada di luar Indonesia. Kecelakaan kerja merupakan suatu kecelakaan yang diderita oleh seseorang akibat melakukan suatu pekerjaan atau ditimbulkkan oleh lingkungan. Banyak sekali kecelakaan kerja yang mungkin saja terjadi dalam penambangan batu akik, misalnya saja tertimbun saat berada di dalam gua, sesak napas, bahkan penyakit jantung karena terlalu sering menghisap debu pada lubang yang telah dibuat untuk mendapatkan batu akik tersebut. Sebagai masyarakat yang baik, seharusnya melakukan penyuluhan di seluruh wilayah Indonesia, mengenai pentingnya penerapan sistem keselamatan kerja (SKK) supaya tidak sering terjadi kecelakaan kerja saat berlangsungnya pekerjaan Hal itu dikarenakan para penambang tradisional masihl kurang memiliki pengetahuan atau pemahaman terkait keselamatan kesehatan kerja.

          Berikut adalah video saat mencari batu akik dalam gua :
 


















REFERENSI :



*      Abidin, Zaenal. 2015. Langkah-langkah Cara Mencari Batu Akik Secara Tradisional, http://blogakik.blogspot.co.id/2015/04/langkah-langkah-cara-mencari-batu-akik.html, [online], diakses pada tanggal 15November 2015 pukul 20.00 WIB)

*      Presetyo, Erie. 2015. Cari Batu Akik, Tiga Orang Tewas di Dalam Gua, (http://news.okezone.com/read/2015/04/15/340/1134565/cari-batu-akik-tiga-orang-tewas-di-dalam-gua, diakses pada tanggal 15 November 2015 pukul 20.05 WIB)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar