Jumat, 22 Mei 2015

Perlunya Filsafat Ilmu bagi Mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran


Filsafat ilmu dapat dibedakan menjadi dua, yaitu :
a)      Filsafat ilmu dalam arti luas
menampung permasalahan yang menyangkut hubungan keluar dari kegiatan ilmiah, seperti: tata susila yang menjadi pegangan penyelenggara ilmu.
b)      Filsafat ilmu dalam arti sempit
menampung permasalahan yang bersangkutan dengan hubungan ke dalam yang terdapat di dalam ilmu, yaitu yang menyangkut sifat pengetahuan ilmiah, dan cara-cara mengusahakan serta mencapai pengetahuan ilmiah (Beerling, 1988).
           
            Menurut saya, filsafat ilmu itu sebuah induk dari beberapa ilmu, karena didalamnya mencakup wawasan atau pengetahuan yang mendasari ilmu tersebut. Filsafat mencakup filsafat tentang moral, agama, logika, budaya, dan sebagainya. Setiap mahasiswa wajib mengikuti mata kuliah filsafat ilmu, karena dengan belajar filsafat, kita akan dididik dan dilatih untuk menjadi manusia yang utuh. Sehingga kita mampu berpikir kritis, mendalam, rasional, dan komunikatif. Kemampuan-kemampuan sangat dibutuhkan untuk mencari suatu hal ataupun pekerjaan. Disamping itu, dengan belajar filsafat, kita akan memiliki wawaaan atau pengetahuan yang sangat luas tentang ilmu yang lebih dari beberapa tahun lalu.
            Filsafat ilmu membuat kita selalu kritis dalam memahami dan mempertanyakan ide-ide tentang adanya kehidupan, norma-norma dalam hidup, serta pengalaman kita sebagai manusia. Filsafat itu sendiri tidak memberikan jawaban mutlak yang berlaku sepanjang masa. Tetapi, filsafat mempertanyakan, menggugat, dan mengubah dirinya sendiri melalui sebuah pemikiran dengan menggunakan nalar. Filsafat ilmu mengajarkan kita untuk melakukan berbagai macam maupun metode analisis dan mengemukakan ide dengan jelas serta rasional. Filsafat mengajak kita untuk mengembangkan dan mempertahankan pendapat secara kritis dan objektif.
            Dengan belajar berpikir secara logis melalui filsafat ilmu, diharapkan kita dapat menjadi seorang pengajar ataupun pemimpin ideal. Sehingga kita dapat memberikan manfaat bagi nusa dan bangsa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar